Somebody save me,,,

Kemarin Yuki temanku tanya – tanya seputar konfigurasi SMTP yang ngga jalan untuk forumnya. Pesan errornya : “ο»ΏError: 550 5.7.1 Relaying not allowed:”. Hasil dari beberapa situs menunjukkan kalo mungkin domainnya belom diizinkan untuk menggunakan SMTP server (kalo ngga salah). Akhirnya dari pertanyaan itu, kepikiran untuk nyoba ngirim email lewat SMTP dari telnet kalo selama ini mungkin kita pake SMTP mail client macam ThunderBird atau Ms.OutLook. Berikut caranya :

  1. Lakukan telnet ke SMTP mail server dengan port 25. Ex : telnet domain.com 25
  2. Ketikkan EHLO <namadomain> lalu tekan enter. EHLO disini merupakan singkatan dari Extended Hello, yang nantinya akan menampilkan informasi seputar SMTP mail server.
  3. Ketikkan MAIL FROM : sender@domain.com lalu tekan enter.
  4. Ketikkan RCPT TO: recipient@domain.com lalu tekan enter.
  5. Ketikkan DATA lalu tekan enter. Di bagian ini kita menuliskan isi email kita yang akan kita tujukan ke penerima (recipient).
  6. Setelah menuliskan isi email, kita tekan enter. Lalu ketikkan ‘.‘ untuk mengakhiri penulisan email sekaligus pemberitahuan bahwa email siap untuk dikirimkan.

Berikut contoh penggunaannya :

dewa@liv3:~$ telnet mail.xxx.com 25
Trying 202.169.225.219…
Connected to mail.xxx.com.
Escape character is ‘^]’.
220 mail.xxx.com ESMTP Postfix
EHLO mail.xxx.com
250-mail.xxx.com
250-PIPELINING
250-SIZE 20971520
250-ETRN
250-STARTTLS
250-AUTH LOGIN PLAIN
250-AUTH=LOGIN PLAIN
250-ENHANCEDSTATUSCODES
250-8BITMIME
250 DSN
MAIL FROM:presiden@duniamaya.com
250 2.1.0 Ok
RCPT TO:andrew@xxx.com
250 2.1.5 Ok
DATA
354 End data with <CR><LF>.<CR><LF>
halo,test email nih
.
250 2.0.0 Ok: queued as 2C42120CECA
quit
221 2.0.0 Bye
Connection closed by foreign host.
dewa@liv3:~$

Selamat mencoba πŸ™‚


Advertisements

Belom lama ini lagi pengen ganti framework. Kok?? kenapa ngga dari dulu?? simple jawabnya,,malas! hehehehe… Dari Prado, Seagull, Zend Framework, CakePHP, dan CodeIgniter akhirnya pilihan dijatuhkan kepada CodeIgniter (CI). Kenapa pake CI?? Menurutku CI itu relatif lebih ringan dibanding dengan framework PHP yang lain, dokumentasi lebih lengkap (user guidenya mudah dipahami, ada dukungan forum serta wiki). Dari segi teknis CI juga tidak kalah dengan beberapa framework yang lain, CI sudah mendukung scaffolding yang mempermudah devel aplikasi CRUD (hanya saja saya masih belom tau bagaimana memodifikasi tampilan scaffolding supaya sesuai dengan keinginan kita), library captcha yang mudah untuk digunakan, mendukung AJAX, integrasi dengan plugin yang relatif mudah, CI juga sudah mendukung model template seperti PatTemplate jika kita ingin pake, mendukung query binding, serta satu hal yang paling saya sukai : pengkodean yang tidak terlalu restrict!

Lewat CI kita masih bisa melakukan pengkodean sesuai dengan style kita, apabila kita agak merasa kesusahan dengan style CI (walau pada dasarnya framework dibuat untuk memudahkan, bukan untuk mempersulit :)) Mungkin bagi anda para pemula yang ingin mencoba framework PHP, CI ini bisa dijadikan pilihan untuk belajar. Kita ngga perlu mempelajari banyak hal untuk menggunakan framework ini, percaya deh. Saya belajar tiga hari sudah bisa bikin aplikasi, anda mungkin bisa lebih singkat πŸ™‚ So,tunggu apalagi?? download dan belajar sekarang juga!!!

Seize the day or die regretting the time you lost
It’s empty and cold without you here, too many people to ache over

I see my vision burn, I feel my memories fade with time
But I’m too young to worry
These’s streets we traveled on will undergo our same lost past

I found you here, now please just stay for a while
I can move on with you around
I hand you my mortal life, but will it be forever?
I’ll do anything for a smile, holding you ’til our time is done
We both know the day will come, but I don’t want to leave you

I see my vision burn, I feel my memories fade with time
But I’m too young to worry
(a melody, a memory, or just one PICTURE)

Seize the day or die regretting the time you lost
It’s empty and cold without you here, too many people to ache over

Newborn life replacing all of us, changing this fable we live in
No longer needed here so where do we go?
Will you take a journey tonight, follow me past the walls of death?
But girl, what if there is no eternal life?

I see my vision burn, I feel my memories fade with time
But I’m too young to worry
(a melody, a memory, or just one PICTURE)

Seize the day or die regretting the time You lost
It’s empty and cold without you here, too many people to ache over
Trials in life, questions of us existing here
Don’t wanna die alone without you here
Please tell me what we have is real

(guitar solo)

So what if I never hold you, yeah, or kiss your lips again? Whooooah
So I never want to leave you and the memories OF us to see
I beg don’t leave me

Seize the day or die regretting the time You lost
It’s empty and cold without you here, too many people to ache over
Trials in life, questions of us existing here
Don’t wanna die alone without you here
Please tell me what we have is real

(Silence, you lost me– no chance for one more day)
(Silence, you lost me– no chance for one more day)
I stand here alone
Falling away from you, no chance to get back home

(Silence, you lost me– no chance for one more day)
(Silence, you lost me– no chance for one more day)

Kmrn siang pas lagi chat sama Yenri, dia ngajakin nonton festival dayak di GOR UNY. Hanya saja ternyata dia kesana bareng ibunya, akhirnya aku sms Ratieh untuk berangkat bareng. Lalu sorenya ada perpisahan temen kantor, berhubung aku uda pernah janji mau nraktir dan momennya tepat akhirnya kami meluncur ke Pizza Hut Tugu. Kira – kira pukul 18.45 aku sms Ratieh untuk nungguin karena kami janjian 18.30 WIB (Waktu Indonesia Berjalan, hahahaha!!)

Kira – kira kami datang ke GOR UNY pukul 19.30, emang ga gede dan rame banget sih tapi lumayanlah. Apalagi ternyata cewek dayak tu cantik dan putih – putih πŸ™‚ tapi jangan berani berbuat yang jelek sama mereka karena bisa – bisa sesuatu yang buruk terjadi pada anda (kata temen – temen, orang Dayak mistisnya masih kuat & kental sekali). Acara malam itu berisi lomba tarian dayak dari berbagai macam suku yang ada (aku hanya ingat Skadau dan Kutai :)). Ada penampilan yang menampilkan tarian dengan tema permainan sehari – hari, dan entah kenapa mereka menampilkan permainan cang.. kacang panjang yang panjang menang/kalah..’ dan cublak – cublak suweng dengan lagu dayak atau mirip ‘do..mi..ca..do..mi..ca..do..ekstra..’. Dan dari situ membuat aku jadi bertanya – tanya, “kok permainan tradisional Jawa juga dikenal di Kalimantan??? kalo gitu asal muasalnya darimana??”, karena selain di Kalimantan temanku yang orang Riau juga mengenal permainan seperti itu.

Oya, ternyata akustik GOR UNY ini lebih bagus daripada JEC karena suaranya masih terdengar jelas dan ngga pecah, berbeda dengan waktu nonton konser indoor di JEC (bisa – bisa tempat yang akustiknya jelek dijadiin tempat konser??). Overall,, penampilan mereka pada malam itu sangat bagus. Mungkin aku agak rindu juga dengan acara – acara seperti itu, karena acara sekarang lebih banyak merujuk kehura – huraan (walau hura – hura itu juga perlu) yang kadang agak berlebihan. Sayangnya mereka ngga membuat stand yang menjual pernak – pernik dayak atau tato dayak πŸ™‚ padahal asyik juga kalo bisa mengkoleksi pernak – pernik mereka. Selepas acara selesai, nampak sekali kenikmatannya seperti serasa di Kalimantan. Kok?? karena di sekeliling kita hanya orang Dayak, kemudian mereka asyik menari dan minum – minuman fermentasi (aku juga nyobain,,hehehehe) rame – rame dan terlihat sangat guyup dan rukun. Aku hanya berpikir seandainya aku ikut dalam komunitas Indonesia yang ada di luar negeri pasti juga akan seperti itu kali ya πŸ˜€

Selesai konser akhirnya aku mengambil motor di kost Ratieh dan lanjut pulang ke kost πŸ™‚ Seandainya,, bisa dapet kenalan cewek Dayak… hahahahaha…

Going back to the corner where I first saw you,
Gonna camp in my sleeping bag. I’m not gonna move,
Got some words on cardboard got your picture in my hand,
Saying if you see this girl can you tell her where I am,
Some try to hand me money they don’t understand,
I’m not… broke I’m just a broken hearted man,
I know it makes no sense, but what else can I do,
How can I move on when I’ve been in love with you…

Cos if one day you wake up and find that you’re missing me,
And your heart starts to wonder where on this earth I can be,
Thinking maybe you’d come back here to the place that we’d meet,
And you’d see me waiting for you on the corner of the street.

So I’m not moving…
I’m not moving.

Policeman says son you can’t stay here,
I said there’s someone I’m waiting for if it’s a day, a month, a year,
Gotta stand my ground even if it rains or snows,
If she changes her mind this is the first place she will go.

Cos if one day you wake up and find that you’re missing me,
And your heart starts to wonder where on this earth I can be,
Thinking maybe you’d come back here to the place that we’d meet,
And you’d see me waiting for you on the corner of the street.

So I’m not moving…
I’m not moving.

I’m not moving…
I’m not moving.

People talk about the guy
Whos waiting on a girl…
Oohoohwoo
There are no holes in his shoes
But a big hole in his world…
Hmmmm

Maybe I’ll get famous as man who can’t be moved,
And maybe you won’t mean to but you’ll see me on the news,
And you’ll come running to the corner…
Cos you’ll know it’s just for you

I’m the man who can’t be moved
I’m the man who can’t be moved…

Cos if one day you wake up and find that you’re missing me,
And your heart starts to wonder where on this earth I can be,
Thinking maybe you’d come back here to the place that we’d meet,
And you’d see me waiting for you on the corner of the street.
[Repeat in background]

So I’m not moving…
I’m not moving.

I’m not moving…
I’m not moving.

Going back to the corner where I first saw you,
Gonna camp in my sleeping bag not I’m not gonna move.

Gara – gara ntung ngasi single ini akhirnya suka juga sama lagu ini, asyik juga musiknya. Overall, satu albumnya bagus – bagus semua kok. Ngga rugi kalo donlot πŸ˜€

Ngelotok

Posted on: October 12, 2008

Kamis kemarin akhirnya nongkrong lagi bareng Anto, Ari, Erla, dan temannya di Sego Macan. Udah lama banget jarang nongkrong karena sekarang hobi jadi orang sok sibuk πŸ™‚ sibuk kerja, kuliah, dan ngerjain tugas. Untung masih inget untuk memperhatikan diri sendiri, jadinya nongkrong deh.. hahahaha… Obrolan intinya sebenarnya seputar usaha yang sedang kami jalankan,, lagi butuh tetek benget mengenai SIUP, TDP, NPWP dan kawan – kawannya (usaha yang paling enak emang online jadi ga ribet).

Kemudian sekitar jam 21.00, Erla datang bersama temannya dan obrolan langsung dialihkan ke poker πŸ˜€ berhubung orangnya ada lima, maka aku milih untuk ngga bermain poker. Ari mesen madu klotok, Anto mesen kopi klotok, dan Erla pesen lemon tea. Berhubung belom pernah nyobain yang namanya kopi dan madu klotok akhirnya aku icip punya Anto dan Ari, ternyata lebih enak madu klotoknya daripada kopi. Kalo madu murni klotok dan rasanya ngga begitu nendang, ngga langsung bikin naik. Beda dengan kopi klotok yang sekali diminum udah langsung bikin naik.

Sekitar jam 00.00 kami meninggalkan Sego Macan, berhubung lapar akhirnya nyobain gudeg yang di depan Mirota Gejayan. Ternyata rasanya lumayan enak dan murah.. hahahahaha… Selepas makan gudeg kami kembali ke tempat masing – masing, karena keesokan harinya aku juga harus kerja. Kapan – kapan kalo nongkrong di Sego Macan kayaknya bakal pesen satu gelas madu klotok πŸ˜€

Sebetulnya ini pengalaman beberapa hari yang lalu sih, tanggal 27 Agustus kemarin aku dapet tiket gratis buat dua orang nonton konser “Sound of Love” dengan artis Yovie-Nuno, Ari Lasso, dan Kahitna (thanks to Dhika untuk tiketnya!). Acaranya jam 19.00 bertempat di gedung JEC,, jarang – jarang nih ada konser indoor di JEC soalnya biasanya kalo indoor itu pasti butuh peredam suara yang amat sangat kalo ngga pengen suaranya menggema, pecah, dan lari kemana – mana. Sesampainya di JEC pukul 19.00-an ternyata masih sepi banget,,sembari duduk – duduk aku dan temanku bertemu dengan mbak Erma, Dinnie, Mas Donnie & pasangannya (swear,,aku baru kali ini liat pasangannya!!), serta Wawan a.k.a Bojes yang datang sendiri (mana pasanganmu,dab!?!?).

Konser dimulai sekitar pukul 20.00 dengan penampilan sexy dancer πŸ˜€ Aku pikir ini sebuah pembukaan yang ngga pas, karena disana banyak sekali cewek tapi kenapa malah dikasih sexy dancer?? sementara kalo ada cowok itu pasti pacarnya cewek dan dia juga ngga mungkin heboh.. hahahahaha… kalo aku sih asyik – asyik aja,, kan bukan salah yang ngeliat toh?? setelah penampilan sexy dancer selesai, Kahitna langsung muncul dan membawakan lagu – lagu mereka. Ouughhhh,,, langsung deh kerasa kalo suara mereka pecah, berlarian, dan menggema kemana – mana. Bikin suasana jadi ngga asyik, mana aku ngga begitu kenal lagu – lagunya pula. Kemudian dilanjutkan dengan Ari Lasso yang cukup membuat panas suasana malam itu (ternyata melodinya banyak yang double ya?? keren.. keren..) yang menurut Ari Lasso sayang sekali konser dengan jumlah penonton 500 ribu orang diadakan di sebuah ruangan indoor πŸ™‚

Kelar Ari Lasso, konser ditutup dengan Yovie-Nuno yang lagi – lagi aku ngga begitu hafal lagu – lagunya πŸ˜€ Aksi panggungnya sih biasa, hanya ada solo drum yang cool! dan solo bass yang maaf agak biasa – biasa saja. Kalo aku sih memang ngga terlalu menikmati lagu – lagu mereka,, tapi lebih menikmati cewek – cewek yang ada disana (hahahaha… kumat lagi neh),,ho’o ada satu cewek yang manis,sayangnya jaraknya jauh 😦 Overall,, konsernya lumayan bagus, sayang salah pilih tempat. Dimana – mana memang lebih asyik menikmati live music daripada denger lewat speaker Altec Lansing ataupun Simbada dengan player Foobar dari kompie.

Sekitar pukul 23.30 konser akhirnya berakhir,, lalu aku mengantarkan mbak Erma pulang ke kostnya di Klebengan setelah itu mengantarkan temenku kembali ke habitatnya πŸ˜€ dengan sebelumnya salah jalan untuk membeli minuman di Circle K,,hihihhi… Selepas mengantar temanku, aku langsung tancap gas balik ke kost,, mampir ke Burjo untuk makan (untung nasi telor masih tersedia :)) dan akhirnya berhasil memeluk bantal dengan bahagia.. hahahahaha…

Pagi – pagi ketika bangun,, dapet oleh – oleh nonton konser,, hidung ngga enak dan tenggorokan sakit.. damn!! hahahahahahaha….