Somebody save me,,,

Don’t Judge By It’s Cover

Posted on: June 25, 2009

Don’t judge by it’s cover”, mungkin sebuah pepatah lama yang selalu kita dengar. Bahwa janganlah kita melihat sesuatu selalu dari penampilan fisiknya, sesuatu yang keliatan tampk luar karena ibarat kedondong, belom tentu semua yang terlihat baik itu benar. Tapi bagaimana mungkin bisa mengenali kepribadian seseorang hanya pada saat pertama kali bertemu?? atau bukankah penampilan biasanya menggambarkan kepribadian seseorang?

Memang banyak yang bilang, bahwa kepribadian ditentukan oleh kesan pertama kali ketika bertemu sehingga kebanyakan dari kita mencoba untuk membentuk sesuatu yang sempurna saat pertama kali bertemu (misal : mencoba tampil serapi mungkin, sesopan mungkin, seelegan mungkin padahal di hari – hari biasa kita berpenampilan cuek ala rocker.. hihihi) oleh karena itu kesan pertama tidak selalu menggambarkan kepribadian seseorang. Tapi setidaknya, kesan pertama memang bisa sedikit memunculkan karakter seseorang, baik dalam bertutur maupun bertindak sehingga kita bisa mengetahui gambaran mengenai karakternya.

Lalu bagaimana mengenalinya?? kalo saya pribadi lebih suka menggunakan kata “sense”. Kata bang wikisense” merupakan metode psikologi dari persepsi. Sense itu mencakup penginderaan kita yaitu penglihatan, pengecap, perasa, pendengaran, dsb. Bagaimana menggunakan sense ini?? hmm,, sebuah sense menunjukkan kepekaan kita secara persepsi terhadap sebuah hal dan sense itu bisa dilatih. Misal seorang komposer yang biasa bergelut dengan beragam tangga nada dan not balok yang memusingkan, dia bisa menilai seorang penyanyi fals atau tidak hanya dengan mendengar atau dia bisa menulis ulang sebuah komposisi lagu hanya dari mendengarnya. Mengapa dia bisa melakukan itu?? itu semua disebabkan karena sense-nya sudah terlatih. Yup, sense memang bisa dilatih sehingga lebih peka kadang tidak harus dengan kasat mata tapi bisa dirasakan dengan hati. Cover yang menarik biasanya memang membuat mata tertarik untuk melihat isinya, tapi ketika isinya itu tidak bermutu kita pasti akan segera menutup bukunya bukan?? begitu juga ketika bertemu dengan seseorang. Penampilan memang penting, tapi bukan yang utama untuk menampilkan kepribadian. Satu hal yang terpenting, selalulah berpikir positif. Pikiran positif memang mempunyai energi yang sangat menakjubkan. Jadi, jika anda ingin bertemu dengan orang – orang yang punya kepribadian baik selalulah berpikir bahwa anda pun mempunyai kepribadian yang baik dan akan selalu bertemu dengan orang – orang yang demikian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: